Mudik 2017 : Menkominfo Siapkan Aplikasi Canggih dan Menempatkan 300-an Mobile BTS

Mudik 2017 : Menkominfo Siapkan Aplikasi Canggih dan Menempatkan 300-an Mobile BTS

Kominfo atau biasa disebut dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika menyampaikan bahwasanya akan ada sekitar 300-an mobile menara BTS atau disebut Base Transceiver Station disediakan saat mudik. Kominfo pun ikut serta menyiapkan terobosan yaitu dengan membuat aplikasi mudik.

Menkominfo, Rudiantara mengatakan "Dari telekomunikasi teman-teman operator seluler akan memberikan tambahan berupa 300 lebih mobile BTS."

Penjelasan tersebut dituturkan dalam jumpa pers setelah Rapat Koordinasi Persiapan Pelaksanaan Angkutan Lebaran Terpadu Tahun 2017/1438 H di Kementrian Perhubungan. Di hadiri juga dalam rapat diantaranya yaitu Menko Maritim bernama Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Perhubungan bernama Budi Karya Sumadi, Kakorlantas Polri bernama Irjen Royke Lumowa dan ada juga pejabat Kementerian PUPR atau kepanjanganya Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Menteri Komunikasi dan Informasi menuturkan bahwa mobile BTS artinya BTS yang dapat bergerak yang dapat dipindahkan sesuai dengan lokasi – lokasi dimana  kemacetan pemudik.

"Kami mendapati adanya potensi titik-titik  kemacetan baik dari Polri maupun Kementerian Perhubungan, itu sudah dipersiapkan semenjak tadi pagi saat apel siaga. Itu yang utama," sambungnya.

Kedua, lanjut Menteri Komunikasi dan Informasi, dengan menambah kenyamanan informasi dari masyarakat maka sedang dibuat dan di kembangkan aplikasi. Aplikasi tersebut nantinya memungkinkan masyarakat yang melakukan mudik dapat mengetahui tempat. Contohya yaitu seperti dimanaa letak dari lokasi terdekat pom bensin, tempat makan, rest area, pos operator telekomunikasi , pos kesehatan, dan lain sebagainya.

"Yang ketiga, secara teratur rata-rata sekitar seminggu sekali sampai dengan datangnya seminggu menjelang Lebaran, para menteri akan menyampaikan infonya seperti ini. Tidak hanya berupa masalah transportasinya melainkan juga harga pangan dan dari sisi kesiapan inventori logistik, Ujar Menkominfo.”

Menteri Komunikasi dan Informasi memberikan tambahan yaitu bahwa  konferensi pers terjadwal selama Ramadan sampai menjelang Lebaran tiba yaitu jatuh pada tanggal 28 Mei, 2 Juni, 5 Juni, 12 Juni akan diinfokan secara terus menerus informasi dari berbagai kementerian yang terkait dengan mudik Lebaran dan Ramadan.


"Jika kita berbicara mengenai pangan, nanti Menteri Pertanian  dan  Menteri Perdagangan. Ini kebetulan saat ini berbicara tentang masalah pergerakan orang. Karena diperkirakan Lebaran kali ini ada sekitar 19 juta orang yang melakukan mudik. Kenaikannya itu kurang lebih  5 persen dibanding tahun lalu," Katanya.
CB