Games Mengandung Malware " Sekitar 500.000 Pengguna Sudah Terinfeksi"




Games Mengandung Malware " Sekitar 500.000 Pengguna Sudah Terinfeksi"

Panduan berbasis aplikasi untuk game, termasuk FIFA dan Pokemon Go, digunakan untuk menargetkan lebih dari 500.000 pengguna Android dengan perangkat lunak perusak, kata sebuah perusahaan keamanan cyber.

Aplikasi yang ditemukan di Google Play Store dirancang untuk mengendalikan perangkat sebelum mengunduh perangkat lunak perusak.

Iklan yang tidak diinginkan kemudian bisa ditampilkan kepada pengguna, misalnya menurut peneliti di Check Point.Google tidak menanggapi permintaan komentar.
Lebih dari 40 aplikasi panduan untuk game populer ditemukan mampu mengantarkan malware ke perangkat pengguna, kata Check Point.

Diperkirakan bahwa aplikasi telah diunduh antara 528.000 dan 1,8 juta kali, meskipun tidak diketahui berapa banyak download ini menghasilkan penyebaran perangkat lunak jahat.

"Karena aplikasi sebenarnya tidak mengandung kode berbahaya itu sendiri, sangat sulit dilacak," kata Daniel Padon, di Check Point.

Dia menambahkan bahwa saat Check Point memberi tahu Google tentang aplikasi yang telah mereka hapus.

Namun para periset mengatakan bahwa mereka terus menemukan lebih banyak contoh di Play Store.

- Menghubungkan botnet

Beberapa aplikasi tersedia sejak lama sejak November tahun lalu.
Saat seseorang diunduh, pengguna meminta izin admin perangkat untuk memastikan perangkat lunak tidak dapat dihapus.

Kemudian mencoba untuk membuat koneksi dengan server perintah dan kontrol, mengubah perangkat menjadi bot di botnet - jaringan perangkat yang dikendalikan dari jauh.Perangkat lunak berbahaya kemudian bisa didownload. Padon mengatakan bahwa ini memungkinkan peretas mengirim iklan pop-up yang tidak sah, menggunakan perangkat tersebut sebagai bagian dari serangan DDoS, atau mengintip data yang dikirim melalui jaringan perangkat.

Untuk itulah berhati-hati dalam mendownload sebuah aplikasi. Karena banyak peretas yang mulai memendamkan fitur ilegal didalamnya.Sehingga data – data pengguna dapat dengan mudah mereka peroleh/dapatkan. Cobalah pasang aplikasi antivirus pada gadget anda untuk meminimalisir kejadian ini.Laporkan kepada pihak pembuat aplikasi jika terjadi hal - hal yang tidak wajar. Dengan menghubungi via telepon, web, social media atau yang lainya. Gunakan bahasa yang sopan agar masalah penggunaan aplikasi dapat segera teratasi.
CB